skip to main | skip to sidebar

Jumat, 09 September 2011

Pisang Ijo: Dingin Lebih Nikmat

Es Pisang Ijo
Mungkin bagi pembaca sekalian yang terlahir sebagai putra daerah Sulawesi Selatan tidak asing lagi dengan panganan yang satu ini. Namun bagi masyarakat diluar Sulawesi Selatan, mungkin akan merasa aneh mendengar namanya dan mungkin beberapa diantara pembaca sekalian belum pernah mencoba lezatnya pisang dengan balutan tepung beras yang berwarna hijau ini. Bagi pembaca sekalian yang belum mencoba, dalam postingan kali ini, saya akan memperkenalkan sebuah kuliner dari Makassar yang menjadi panganan favorit masyarakat lokal ini.

Pisang ijo terbuat dari pisang raja tua yang dibalut dengan saus manis serta balutan adonan yang terbuat dari tepung beras. Makanan ini selalu menjadi makanan favorit saat berbuka puasa. Tak heran jika makanan ini sangat mudah ditemui saat bulan ramadhan tiba, bahkan tanpa dicari sekalipun anda akan menemukannya karena barisan pedagang disudut kota dan dipinggir jalan menyajikan makanan ini sebagai menu utamanya.

Pisang ijo memiliki rasa yang khas. Dikatakan pisang ijo karena pisang raja yang menjadi bahan utamanya dipoles sedemikian rupa dengan adonan tepung berwarna hijau hasil perkawinannya dengan perwarna alami (daun pandan). Pisang yang terbungkus adonan tersebut kemudian ditenggelamkan kedalam saus dan syrup yang dikelilingi es batu. Disajikan dingin akan lebih nikmat.

Bagi anda yang senang mencicipi ragam kuliner Indonesia, sangat disarankan untuk mencoba panganan yang satu ini.

1 komentar:

Posting Komentar

 

makassarism Copyright © 2011 | Template created by O Pregador | Powered by Blogger